Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu Surveillance 3 Oleh Assessment Eksternal (17/11/2021)

Written by Super User on .

Written by Super User on . Hits: 52

Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu Surveillance 3 Oleh Assessment Eksternal

 

observasi2

Rabu (17/11/2021) Pengadilan Agama Temanggung didatangi oleh Tim Assessor Eksternal untuk melaksanakan observasi implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) surveillance 3 di Pengadilan Agama Temanggung. Tim Assessor terdiri atas H. Ma’sum Umar, S.H., M.H. (Panitera PTA Semarang/ Lead Assessor) dengan Pendamping Assessor yaitu Muchammad Misbahul Anam, S.H.I., M.H., Aulia Ardiyansyah S., S.H., M.H., Hj. Khoirun Nisa’, S.Ag., M.H. dan Drs. H. Maskur.

observasi 1

Awalnya salah satu assessor mendatangi Pengadilan Agama Temanggung dan menyamar sebagai mystery shopper untuk mengkonfirmasi pelayanan di PA Temanggung. Selain mengunjungi PTSP, mystery shopper tersebut juga melakukan wawancara dengan para pihak untuk mengetahui sejauh mana kepuasan / ketidakpuasan masyarakat dengan pelayanan di PA Temanggung serta untuk mengetahui apakah ada praktik percaloan serta kolusi di PA Temanggung. Penyamaran Assessor tersebut berjalan lancar hingga Lead Assesor serta assessor lainnya datang.

Assesment observasi implementasi ini terdiri atas 4 (empat) kriteria yaitu Keberlanjutan, Konsistensi Pelayanan Publik, Implementasi Inovasi Unggulan Ditjen Badilag serta Hasil survey dan Laporan Akuntabilitas. Masing-masing kriteria dikonfirmasi kepada masing-masing bagian yang bertanggungjawab mulai dari pimpinan hingga bagian kepaniteraan dan kesekretariatan.

observasi3

Usai Observasi, assessment ditutup dengan closing meeting yang berisi sambutan Ketua PA Temanggung serta pemaparan hasil observasi implementasi oleh masing-masing assessor sesuai bagiannya. Secara umum assessor mengapresiasi usaha PA Temanggung untuk tetap mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat di tengah keterbatasan belum memiliki gedung kantor yang layak karena terhalang moratorium. Dengan luasan yang terbatas, PA Temanggung berupaya menghadirkan sarana dan prasarana yang nyaman dan bersih. Ketua PA Temanggung Yusri, S.Ag., M.H. beserta seluruh pegawai PA Temanggung berkomitmen untuk menindaklanjuti temuan tersebut untuk menjadikan PA Temanggung lebih baik dalam administrasi maupun pelayanan kepada masyarakat.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Temanggung

Jl.Pahlawan Nomor 03 Temanggung

Telp : 0293 - 491161

Email Umum : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Delegasi : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Temanggung (c) 2019