Visi dan MisiPengadilan Agama Temanggung

visi-324x256

Visi Pengadilan Agama Temanggung adalah,
“Terwujudnya Lembaga Peradilan Agama yang Berwibawa dan Mampu Memberikan Pelayanan di Bidang Hukum Secara Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan”. Visi Pengadilan Agama Temanggung tersebut merupakan kondisi atau gambaran keadaan masa depan yang ingin diwujudkan dan diharapkan dapat memotivasi seluruh fungsionaris Pengadilan Agama Temanggung dalam melakukan aktifitasnya.¬†Pernyataan visi Pengadilan Agama Temanggung mengandung beberapa pengertian secara Kelembagaan, dan secara Organisatoris.

Visi

Pengertian secara Kelembagaan : Pengadilan Agama Temanggung adalah Pengadilan Agama yang merupakan Pengadilan Tingkat Pertama yang berkedudukan di ibukota kabupaten Temanggung yang daerah hukumnya meliputi seluruh wilayah Kabupaten Temanggung ( 20 Kecamatan yang terdiri dari 228 Desa/Kelurahan).

Pengertian secara Organisatoris : Peradilan Agama Temanggung adalah Pengadilan Agama yang susunannya terdiri dari unsur pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua), Hakim, Panitera/Sekretaris, Wakil Panitera, Wakil Sekretaris, Panitera Muda, Panitera Pengganti, Kepala Urusan, Jurusita/Jurusita Pengganti dan Staf, sekaligus kinerja masing-masing fungsionaris tersebut.

Berwibawa mengandung arti kekuasaannya diakui dan ditaati serta ada pembawaan untuk dapat menguasasi dan mempengaruhi, dihormati orang lain melalui sikap dan tingkah laku yang mengandung kepemimpinan dan penuh daya tarik.

Pelayanan secara sederhana, cepat dan biaya ringan, dikandung maksud untuk memenuhi harapan pencari keadilan, yaitu pemeriksaan dan penyelesaian perkara dilakukan dengan cara yang efisien dan efektif, biaya perkara tidak memberatkan dan mampu dipenuhi masyarakat pencari keadilan. Meskipun demikian dalam pemeriksaan dan penyelesaian perkara tidak mengabaikan ketelitian dalam mencari kebenaran dan keadilan.

Misi

Menyelenggarakan pelayanan yudisian dengan seksama dan sewajarnya serta mengayomi masyarakat.

Menyelenggarakan pelayanan non yudisial dengan bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan tepotieme.

Mengembangkan manajemen modern dalam pengurusan kepegawaian, sarana dan prasarana rumah tanggal kantor dan pengelolaan keuangan.

Meningkatkan pembinaan sumber daya manausia dan pengawasan terhadap jalannya peradilan.

Dengan misi tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan, maka ditetapkan enam tujuan :

  1. Terselenggaranya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

  2. Meningkatnya pelayanan pemberian keterangan, pertimbangan dan nasehat tentang hukum Islam kepada instansi pemerintah, pertolongan pembagian harta peninggalan di luar sengketa, hisab rukyat, pembinaan hukum agama, pemberian akta cerai dan salinan putusan/penetapan , riset/penelitian.

  3. Terwujudnya manajemen kepegawaian yang cepat, akurat dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

  4. Meningkatnya pengelolaan sarana prasarana, rumah tangga kantor yang tepat dan memadai.

  5. Meningkatnya pengelolaan keuangan yang transparan, efektif, efisien dan akuntabel.Meningkatnya.

  6. Kualitas sumber daya manusia dan pengawasan terhadap jalannya peradilan agar diselenggarakan dengan seksama dan sewajarnya.

Itulah sekilas tentang visi & misi Pengadilan Agama Temanggung dalam menjalankan tugas dan tujuannya.

ALAMAT EMAIL
info@pa-temanggung.go.id
tabayun@pa-temanggung.go.id
kepegawaian@pa-temanggung.go.id
keuangan@pa-temanggung.go.id

Instansi Terkait

jdih
ptasmg
putusan-asianlii
legislasi
mari-1
badilag

Instansi Daerah

logojtgg Website Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Kunjungi

kejaksaan-tmg-editWebsite Kejaksaan Negeri Temanggung

Kunjungi

sekda-tmg

Website Setda Kabupaten Temanggung

Kunjungi 

Aplikasi Online