Tata Cara Berperkara

 

Pertama

Pihak berperkara datang ke Pengadilan Agama Temanggung dengan membawa surat gugatan atau permohonan.

 

Kedua 

Pihak berperkara menghadap petugas Meja Pertama dan menyerahkan surat gugatan atau permohonan, minimal 8 (delapan) rangkap. Untuk surat gugatan ditambah sejumlah Tergugat.

 

Ketiga

Petugas Meja Pertama (dapat) memberikan penjelasan yang dianggap perlu berkenaan dengan perkara yang diajukan dan menaksir panjar biaya perkara yang kemudian ditulis dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM). Besarnya panjar biaya perkara diperkirakan harus telah mencukupi untuk menyelesaikan perkara tersebut, didasarkan pada pasal 182 ayat (1) HIR atau pasal 90 Undang Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang Undang Nomor : 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama.

Catatan : Bagi yang tidak mampu dapat diijinkan berperkara secara prodeo (cuma-cuma). Ketidakmampuan tersebut dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari Lurah atau Kepala Desa setempat yang dilegalisasi oleh Camat. Bagi yang tidak mampu maka panjar biaya perkara ditaksir Rp. 0,00 dan ditulis dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM), hal tersebut berdasarkan pasal 237 – 245 HIR. Dalam tingkat pertama, para pihak yang tidak mampu atau berperkara secara prodeo. Perkara secara prodeo ini ditulis dalam surat gugatan atau permohonan bersama-sama (menjadi satu) dengan gugatan perkara. Dalam posita surat gugatan atau permohonan disebutkan alasan penggugat atau pemohon untuk berperkara secara prodeo dan dalam petitumnya.

 

Keempat

Petugas Meja Pertama menyerahkan kembali surat gugatan atau permohonan kepada pihak berperkara disertai dengan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dalam rangkap 4 empat).

 

Kelima

Pihak berperkara menyerahkan kepada pemegang kas (KASIR) surat gugatan atau permohonan tersebut dan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) serta membayar panjar biaya perkara yang besarnya sesuai dengan yang tertera dalam SKUM yang selanjutnya oleh petugas KASIR akan disetorkan ke BANK BNI 46 Cabang Temanggung.

 

Keenam

Petugas Kasir menandatangani Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM), membubuhkan nomor urut perkara dan tanggal penerimaan perkara dalam SKUM dan dalam surat gugatan atau permohonan sebagaimana tersebut dalam buku jurnal yang berkaitan dengan perkara yang diajukan.

 

Ketujuh

Petugas Kasir menyerahkan tindasan pertama Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM)  yang telah dicap lunas dan satu surat gugatan atau permohonan yang telah diberi nomor perkara kepada pihak berperkara.

 

PENDAFTARAN SELESAI

Pihak/pihak-pihak berperkara akan dipanggil oleh jurusita / jurusita pengganti untuk menghadap ke persidangan setelah ditetapkan Susunan Majelis Hakim (PMH) dan hari sidang pemeriksaan perkaranya (PHS).

ALAMAT EMAIL
info@pa-temanggung.go.id
tabayun@pa-temanggung.go.id
kepegawaian@pa-temanggung.go.id
keuangan@pa-temanggung.go.id

Instansi Terkait

jdih
ptasmg
putusan-asianlii
legislasi
mari-1
badilag

Instansi Daerah

logojtgg Website Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Kunjungi

kejaksaan-tmg-editWebsite Kejaksaan Negeri Temanggung

Kunjungi

sekda-tmg

Website Setda Kabupaten Temanggung

Kunjungi 

Aplikasi Online