Logo emas

Upacara HUT Ke-74 Mahkamah Agung RI di Temanggung

Written by Super User on .

Written by Super User on . Hits: 25

Upacara HUT Ke-74 Mahkamah Agung RI di Temanggung

upacara mari 2019

Pengadilan Negeri Temanggung dan Pengadilan Agama Temanggung, Senin (19/08/2019), bersama-sama mengadakan upacara untuk memperingati HUT Ke-74 Mahkamah Agung RI. Upacara yang dilaksanakan di halaman Pengadilan Negeri Temanggung diikuti oleh seluruh hakim dan pegawai kedua instansi tersebut. Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Bapak Ig. Eko Purwanto, S.H., M.Hum (Ketua Pengadilan Negeri Temanggung), komandan upacara adalah Bapak Madhika Sidhimantra, S.H. (Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Temanggung) dan pembaca doa adalah Drs. Sunaryo, M.S.I. (Hakim Pengadilan Agama Temanggung).

Dalam amanatnya pembina upacara membacakan amanat dari Ketua Mahkamah Agung RI. Beberapa point penting yang menjadi titik utama amanat tersebut adalah bagaimana usaha Mahkamah Agung untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efesien melalui pengembangan peradilan elektronik atau e-Court. Sesuai tema yang diusung Mahkamah Agung untuk peringatan ulang tahun yaitu Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani, Mahkamah Agung telah meluaskan peran dan fungsi e-Court.

E-Court yang semula hanya dipergunakan untuk pelayanan pendaftaran online (e-Filling), pembayaran online (e-Payment) dan panggilan online (e-Summons) diperluas untuk melaksanakan proses beracara secara elektronik (e-Litigation). Dengan e-Litigation, yang disahkan melalui Perma 1 Tahun 2019, maka proses persidangan yang membutuhkan pertukaran dokumen (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dapat melalui aplikasi e-Court Mahkamah Agung. Efek yang diharapkan adalah adanya kontak minimal antara pihak berperkara dengan aparatur peradilan sehingga wibawa Mahkamah Agung dapat selalu terjaga.

Pengembangan fungsi e-Court ini disamping mengakomodir fungsi e-Litigation namun juga membuka peluang untuk pihak berperkara non-advokat yaitu Pemerintah, Badan Hukum, Kuasa Insidentil dan Perorangan Pribadi untuk dapat beracara sendiri secara elektronik. Pengembangan e-Court ini dirasa sangat diperlukan karena ternyata animo pencari keadilan terhadap e-Court ini cukup tinggi. Tercatat ada 14.552 perkara yang didaftarkan melalui e-Court dimana semua pendaftar tersebut dilaksanakan oleh advokat.

Pada akhir pesannya, Ketua Mahkamah meng-instruksikan agar para aparatur pengadilan bersama-sama berusaha mewujudkan keunggulan Indonesia dengan berkontribusi secara maksimal dalam berperan di lembaga peradilan. Berikanlah layanan terbaik kepada penerima layanan dengan memanfaatkan berbagai kemudahan yang berasal dari pemanfaatan teknologi informasi.

Pada akhir upacara, para peserta upacara menyanyikan Himne Mahkamah Agung yang juga baru saja diluncurkan. Himne tersebut merupakan hasil karya Sekretaris Mahkamah Agung bekerjasama dengan musisi Addie MS.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Temanggung

Jl.Pahlawan Nomor 03 Temanggung

Telp : 0293 - 491161

Email Umum : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Delegasi : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Temanggung (c) 2019